Menu

Karir The Beatles


Karir The Beatlesapa kabar guys, Apa sebelumnya sobat sudah pernah mendengar tentang band legendaris asal Inggris ini? tahukah sobat bahwa The Beatles bisa dibilang band musik tersukses didunia baik secara komersil maupun popularitas? tahukah sobat tentang awal terbentuknya band ini? yuk langsung simak...

 

          The Beatles, begitulah kita mengenal mereka. Kisal The Beatles berawal di Liverpool inggris, pada tahun 1957. Berawal dari sang vocalis sekaligus gitaris yang membentuk band beraliran Skiffle bernama The Quarrymen bersama teman teman
sekolahnya, kala itu kebanyakan dari mereka berumur 16 tahun.
          Sekitar tahun 1960 Stuart Sutcliffe yang kala itu adalah basis, menyarankan kepada anggota lain untuk mengganti nama band mereka menjadi The Beetles, nama tersebut diambil karena kekaguman Stuart terhadap Buddy Holly dan The Crickets. Mereka pun setuju untuk mengunakan nama The Beetles. Namun mereka kembali mengganti nama band mereka menjadi The Beatals.
          Setelah group yang digawangi oleh John lennon tersebut beberapa kali mengganti nama band mereka seperti Johnny and The Moondogs, Long John and The Beetles akhirnya mereka sepakat untuk menggunakan nama The Beatles diakhir tahun 1960, tepatnya pada bulan agustus. Kala itu The Beatles belum memiliki drumer resmi, pada akhir bulan agustus tersebut mereka mengadakan audisi untuk posisi drumer, kemudian masuklah Pete Best yang lolos audisi tersebut sekaligus ikut dalam tour band tersebut ke Jerman.
          Sang gitaris utama, Harrison kala itu masih berumur 17 tahun pada bulan agustus 1960, Ia berbohong kepada petugas Jerman, agar bisa tinggal di Hamburg, Jerman. Kala itu ada batasan usia agar bisa tinggal disana. Kemudia pada saat Beatles melanggar kontrak untuk manggung di Top Ten Club. Bruno Koschmider sang penyelenggara pertunjungan The Beatles di Jerman yang kala itu adalah rivalnya, melapor kepada petugas otoritas bahwa Harrison masih dibawah umur, sehingga Harrison dideportasi pada bulan November, McCartney dan Best juga ditangkap akibat kasus pembakaran dikamar yang mereka huni di Hamburg pada bulan Desember.
          Pada pertengahan bulan Desember, John Lennon kembali ke Liverpool, namun Stuart  Sutcliffe tetap di Hamburg, kala itu Stuart menjalin hubungan dengan seorang gadis Jerman bernama Astrid Kirchherr, yang kala itu adalah fotografer pertama The Beatles, dan Astrid memotong rambut Stuart dengan gaya Existensialis, yang pada saat itu adalah tren gaya rambut yang sangat populer. Gaya rambut itulah yang nantinya menginspirasi anggota Beatles lainya.
          Pada awal tahun 1961 Stuart Sutcliffe memutuskan untuk hengkang dengan alasan untuk melanjutkan sekolah di Hamburg, sehingga posisi bass diambil alih oleh Paul McCartney, yang kala itu adalah gitaris Beatles. Produser asal Jerman, Berta Kaempfert mengontrak The Beatles yang sudah jadi empat orang yaitu, John Lennon (vocal, gitar), George Harrison (gitar), Paul McCartney (bass), Pete Best (drum) untuk menjadi band latar Tony Sheridan dalam beberapa buah rekaman. Dikreditkan sebagai Tony Sheridan and The Beat Brother, single “My Bonnie” masuk diurutan 32 tangga lagu Musikmarkt.
          The Beatles lebih populer saat kembali ke Liverpool. Pada saat mereka masih sering bermain di The Cavern Club, mereka bertemu Brian Epstein yang tak lain adalah pemilih studio rekaman lokal dan seorang pencari bakat. The Beatles memutuskan Brian Epstein untuk menjadi manager mereka pada tahun 1962, dan Berta Kaempfert pun setuju untuk melepas mereka dari kontrak rekaman di Jerman.
          Pada bulan April tahun itu mereka kembali ke Hamburg setelah ditolak Decca Records di Liverpool. Kemudian di Hamburg mereka mendapat kabar mengejutkan tentang kematian Stuart Sutcliffe akibat pendarahan otak. Dipertengahan tahun, sang manager agak geram dengan perilaku Pete Best yang sering absen disesi latihan, kemudian mereka kembali ke Inggris. Pada saat sesi latihan di Studio Abbey Road EMI, mereka mendapat penghargaan untuk pertama kalinya dari George Martin. Namun Martins mengeluh tentang permainan Pete Best, dan menyarankan Brian Epstein selaku meneger The Beatles untuk mengganti drumer pada sesi studio.
          Pada akhirnya Pete Best dikeluarkan dari The Beatles, kemudian digantikan Ringo Starr, yang kala itu baru keluar dari bandnya. Sebenernya Ringo sering bermain bersama The Beatles pada saat Pete Best absen. “Love Me Do” single pertama mereka yang dirilis bulan Oktober berhasil masuk tangga lagu 20 di Inggris, kemudian setelah menyelesaikan proses rekaman untuk single kedua mereka “ Please Please Me” pada bulan November, The Beatles mulai masuk tv untuk pertama kalinya.
          Pada awal pembentukanya The Beatles memang beraliran Skiffle, namun pada tahun 1950n mereka memainkan musik Rock N’ Roll, dan berbagai variasi Pop. The Beatles bisa dibilang adalah Band yang mengusung banyak genre, selain tiga genre diatas mereka juga memakai genre Folk Rock pada album “Rubber Soul”, dan memainkan unsur unsur musik klasik di lagu “Yesterday”, kemudian pada single “Paperback Writer”, Beatles sangat bernuansa Psikodelic.
          Setelah berada dipucak kejayaanya, kontroversi kontroversi mulai muncul, beberapa diantaranya pada saat The Beatles menjalani tour di Filipina, mereka secara tidak sengaja menyinggung ibu negara, Imelda Marcos dengan menolak undangan jamuan sarapan diistana negara. Brian Epstein menolak secara halus karena merasa Beatles tidak pernah menerima undangan seresmi itu, mereka baru menyadari bahwa permintaan rezim ibu negara tersebut tidak boleh ditolak. Mereka pun keluar dari negara tersebut dengan susah payah.
          Kontroversi berikutnya adalah pada saat mereka telah kembali keinggris, pada saat diwawancarai oleh reporter inggris dari Evening Standard. John Lennon berkata “ Kekristenan telah mati, dan The Beatles lebih terkenal dari Yesus sekarang”, hal itu membuat mereka mendapat kecaman dari lembaga keagamaan dan sosial konservatif Amerika. Bahkan karena komentar sang vocalis tersebut di Afrika Selatan lagu lagu The Beatles sempat dilarang. Kemudian Lennon menjelaskan bahwa ia hanya menggambarkan bagaimana masyarakat mengenal The Beatles dan Lennon juga menambahkan “ Jika anda ingin saya minta maaf, jika ini membuat anda senang, ok saya minta maaf”.

          Sekitar tahun 70n hubungan antar personil berada dititik terendah, pada akhirnya Beatles bubar dan masing masing dari mereka menggarap album solo. Musik dan popularitas The Beatles yang masih tersisa dieksploitasi dalam berbagai cara diluar kendali para mantan personilnya. Band musikal Broadway bernama Beatlemania cukup sukses dengan membawakan lagu lagu The Beatles pada tahun 1977.kemudian pada tahun 1979 para mantan personil The Beatles menuntut produser Beatlemania dan berhasil mendapat ganti rugi sebesar satu juta dollar.
          Pada akhir tahun 1980, tepatnya pada 8 Desember 1980 John Lennon ditembak dan meninggal, penembakan itu terjadi di New York. Para mantan anggota lain, seperti Harrison, McCartney bersama istrinya, dan Starr menulis lagu “All Those Years Ago” lagu yang bercerita waktu waktu kebersamaan The Beatles sebelum kematian John Lennon dan single tersebut dirilis pada tahun 1981. Kemudian The Beatles diabadikan dalam Rock Hall of Fame pada tahun 1988. Harrison dan Starr menghadiri upacara penghargaan tersebut bersama istri John Lennon, Yoko ono dan kedua anaknya yaitu Julian dan Sean. McCartney batal datang dengan melakukan pers “Setelah 20 tahun, The Beatles masih punya banyak selisihurusan yang saya harap bisa diselesaikan mulai sekarang. Namun, mereka tidak mau, jadi saya merasa seperti seorang munafik yang melambaikan tangan dan tersenyum pada mereka dalam reuni palsu”.
          Pada tahun 2000n, sebuah album kompilasi dari setiap hits single The Beatles dirilis, tepatnya pada 13 November 2000. Album tersebut menjadi album dengan penjualan tercepat sepanjang masa, pada minggu pertama setelah dirilisnya, album ini terjual sekitar 3,6 juta copy dan lebih dari 12 juta copy dalam 3 minggu diseluruh dunia. Album kompilasi tersebut menduduki tangga nomor sati di 28 negara. Dan pada april 2009 album ini menjadi album dekade yang paling laris di Amerika dengan terjualnya album tersebut sebesar 31 juta copy.

          Demikian kisah tentang The Beatles yang Dtrspot26 dapat rangkum, semoga bermanfaat, dan jika ada salah salah kata mohon maaf. Terima kasih..
             Baca juga : Perjalanan karir Avanged Sevenfold

No comments:

Post a Comment