Menu

Biografi Axl Rose, Guns N' Roses




Biografi Axl Rose, Guns N' Roses - Apa sebelumnya sobat sudah pernah mendengar tentang musisi yang satu ini? apa justru Axl Rose adalah musisi favorite sobat? Langsung saja kita bahas yukk.....
vocalist yang memiliki nama asli William Bruce Bailey ini lahir di Lafayette, Indiana, Amerika pada 6 Febuary 1962. Axl Rose adalah Lead vocalist Guns N’ Roses, dia juga pemimpin sekaligus pendiri Guns N’ Roses. Selain itu Axl Rose juga memiliki peran penting dalam band nya yaitu sebagai pencipta sekaligus penulis lagu. Vocalis yang satu ini memiliki suara yang sangat melengking dan ciri khas saat manggung.
          Saat Axl Rose berumur 2 tahun kedua orang tuanya bercerai. Kemudian ibunya menikah lagi dengan L.Bailey dan Axl kecil hidup bersama Ibu kandung dan ayah tirinya. Waktu itu Axl belum tau kalo L. Bailey adalah ayah tirinya, Axl juga sering mendapat perlakuan kasar dari ayah tirinya jadi ngga heran kalo
axl jadi anak yang nakal waktu itu. Axl lahir dikeluarga yang bisa dibilang sangat religius, keluarganya biasa 6-7 kali kegereja dalam seminggu. Axl udah punya bakat nyanyi nya sejak kecil, pendiri Guns N’ Roses itu sering bernyanyi digerja bersama adik adiknya, mereka memiliki julukan “Trio Bailey”.
          Saat remaja, Axl bertemu Izzy Stradlin disekolahnya, ngga butuh waktu lama mereka pun cepat akrab, mereka berdua punya ketertarikan yang sama dibidang musik namun saat itu mereka belum sempat untuk membentuk band. Kemudian Axl keluar dari sekolahnya karena menurutnya disana dia ngga bisa menyerap semua pelajaran, dia lebih suka membaca buku dan belajar secara otodidak.
Setelah Axl tau bahwa dia bukanlah anak kandung L. Bailey, ia semakin berontak. beberapa kali berurusan dengan polisi karena kasus seperti membuat keonaran, dan mabuk mabukan. Dia juga pernah diusir dari rumah karna menolak untuk motong rambutnya. Setelah dia tau kalo L. Biley bukan ayah kandungnya, dia enggan memakai nama William Bruce Bailey lagi, sehingga dia mengganti namanya menjadi William Axl Rose, “Axl Rose” kalo diacak acak bisa jadi kata “Oral Sex” loh, hehe..
karena kenakalanya Axl dicap sebagai pembuat onar diLafayette. Jadi dia memutuskan untuk pergi ke L.A bareng Izzy Stradlin untuk fokus mendalami musik, disana lah cikal bakal Guns N’ Roses terbentuk. Singkatnya Axl (vocal) dan Izzy (rythm) berasal dari band Hollywood Rose dan Tracii Guns (lead gitar), Ole Beich (bass), Rob Gardner (drum) berasal dari band L.A Guns kemudian mereka membuat band bersama dan jadilah Guns N’ Roses.
Pada tahun 1984 waktu Axl sama Izzy masih jadi personil Hollywood rose, Band mereka jadi pembuka disebuah konser bareng band Black sheep yang ngga lain adalah bandnya Slash dan Steven Adler disana lah mereka saling kenal. Waktu Tracii Guns, Ole beich dan Rob Gardner keluar dari GNR, Axl nelpon Slash dan Steven Adler untuk join GNR. Lalu Slash masang iklan disebuah surat kabar bahwa mereka sedang membutuhkan bassis kemudian masuklah Duff McKagan sebagai bassis di Guns N’ Roses. Itulah cerita singkat terbentuknya GNR.

          Perilaku Axl waktu manggung juga bisa dibilang liar, di tahun 1988 waktu itu GNR konser di St.Louis dipertengahan konser Axl meminta salah satu security untuk menarik keluar salah satu penonton yang bikin rusuh karena menggoyangin kamera, tapi security itu menolak karena ternyata penonton itu adalah teman sang security. Karena axl geram dengan tingkah penonton itu, dia langsung lompat kekerumunan penonton dan langsung menerkam si penonton, ngga lupa Axl juga memukul securitynya. Saat Axl kembali kepanggung dia mengambil mix dan berkata “ Thanks for the Lame-Ass Security, I’m going Home!” lalu Axl membanting mix itu. Konser dihentikan waktu itu, tapi para penonton yang belum puas dengan penampilan GNR mulai rusuh dan naik panggung untuk merusak instrumen. Axl Rose disalahkan pada tragedi itu dan dia masuk penjara untuk beberapa waktu.


Axl Rose & Angus Young - AC DC concert 2016

Axl memang punya sifat otoriter dan emosi yang meledak ledak, namun diluar semua itu dia adalah satu satunya vocalis yang bisa bernyanyi sambil berlari tanpa terengah engah dan memiliki nada vocal yang tinggi, Axl Rose juga masuk dalam kategori vocalis cowo yang memiliki suara tertinggi didunia. Ngga heran kalu namanya sudah melegenda dan memiliki banyak fans didunia.

Bagaimana guys, apa kisah perjalananya menginspirasi kalian? Kurang lebih seperti itulah yang Dtrspot26 bisa rangkum untuk pembahasan kali ini. Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat guys. Terima kasih... 
Baca juga : Perjalanan karir Slash, Guns N' Roses

2 comments: