Menu

Perjalanan karir Ramones

          Perjalanan karir Ramones - Seperti yang kita tahu, Ramones dikenal sebagai band punk rock pertama didunia. Banyak kisah menarik yang mewarnai kisah perjalanan karir Ramones. Band ini digawangi oleh Empat personil yaitu Joey Ramone/Jeffry Ross Hyman (vocalis), Johnny Ramone/John Cummings (gitaris), Dee Dee Ramone/Douglas Glenn Colvin (basis), dan Tommy Ramone/Tamás Erdélyi (drumer).
          Perjalanan karir Ramones diawali dikota Forest Hills, New York pada tahun 1974. Sama halnya dengan kebanyakan band, bongkar pasang personilpun menimpa Ramones. Empat tahun bernaung dibawah nama Ramones, sang drumer Tamás Erdélyi atau lebih dikenal sebagai Tommy Ramone memutuskan hengkang tepatnya pada tahun 1978, kemudian masuklah Marc Bell untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Tommy, setelah bergabung Marc Bell ini dikenal sebagai Marky Ramone.
Namun Marky hanya bertahan selama lima tahun di Ramones, Tepatnya pada tahun 1983 ia memutuskan hengkang. Richie Ramone yang memiliki nama asli Richard Reinhardt adalah drumer ketiga Ramones setelah ia bergabung pada tahun 1983 untuk menggantikan Marky, namun Richie memutuskan hengkang dari Ramones pada 1987. Karena pada saat Richie memutuskan hengkang, Ramones masih memiliki jadwal manggung yang harus ditepati, dan mereka tidak memiliki waktu untuk mencari drumer baru sehingga mereka memutuskan untuk menyewa drumer untuk sisa pertunjukan mereka. Masuklah Elvis Ramone/Clem Burke yang masuk sebagai drumer untuk menyelesaikan tour yang tersisa dua pertunjukan setelah keluarnya Richie. Setelah tour selesai, Marky kembali dipanggil untuk kembali menjadi drumer tepatnya pada tahun 1987.
          Baru saja masalah drumer selesai, Dee Dee Ramone sang basis memutuskan hengkang, kemudian masuklah C.J Ramone pada tahun 1989 sebagai basis menggantikan Dee Dee. C.J Ramone diketahui memiliki nama asli Christopher James Ward. Gaya para personil Ramones memiliki chiri khas yaitu selalu menggunakan celana jeans belel, jaket kulit hitam, dan gaya rambut poni. Musik mereka pun sangatlah simple, hanya dengan tiga chord, tanpa solo gitar, namun sangat memiliki chiri khas. Musik mereka serba minimalis, hingga pengamat musik asal Amerika menilai bahwa musik Ramones sangat tak beradab dengan vokal yang konyol, lirik pendek yang diulang ulang, serta suara gitar yang meraung persis suara gergaji mesin. Awalnya ke empat pemuda tersebut hanya ingin menyuguhkan sesuatu yang berbeda, musik yang dulunya mereka klaim sebagai "lain dari yang lain" kini kita kenal sebagai musik punk rock, seperti yang dikatakan Joey Ramone "kami tak mendapat apa apa dari musik saat ini. Kami bosan menjadi Led Zeppelin atau the Stone".
          Performance Studio di East 23rd Street, Ney York adalah tempat dimana Ramones pertama kali unjuk gigi, tepatnya pada 30 Maret 1974 yang hanya disaksikan kurang lebih 30 orang, namun dari sanalah perjalanan karir Ramones dimulai. Ramones mulai mendapat perhatian public setelah mereka performance di Max's Kansas City dan di CBGB, setelah performance di klub tersebut, Ramones dinobatkan sebagai gruop underground pertama di Amerika Serikat, Sejak saat itu pula punk rock mulai merajalela di New York, Penampilan Ramones selalu dinanti nanti oleh para Punkers.
          Banyak orang yang suka, namun tak sedikit juga yang geleng geleng kepala. Bahkan pada awal perjalanan karir Ramones, tak ada satupun major label yang mau menerbitkan lagu lagu Ramones. Danny Field dari A&M Record mengaku merasa jijik dan segera pergi setelah mendengar musik mereka di sebuah klub, bahkan dia juga mengaku sama sekali tidak tertarik dengan musik punk dan ia menyebutkan bahwa musik punk sebagai sebuah onggokan besar omong kosong yang tak seorangpun ingin mendekat. Namun walaupun demikian Ramones tak berkecil hati, lagu lagu mereka selalu dinanti nanti, konser konser mereka pun selalu padat, meskipun hanya digelar disebuah klub malam.
          Pada 4 Juli 1996, Ramones menggebrak public London dengan lagu lagu dari album pertama mereka yang bertitle "Ramones" yang dirilis ditahun 1976. Konser tersebut ditonton oleh personil Sex Pistols, The Clash, The Damned, Generation X, Merekalah cikal bakal lahirnya musik punk di Inggris yang meledak setaun setelah konser tersebut. Bahkan, musik Sex Pistols disebut banyak pengamat musik sebagai musik yang lebih tidak beradab dan lebih kasar dibandingkan Ramones. namun itulah punk, They're not into the music, They're into chaos.
          Setelah itu Ramones tetap menancapkan pengaruhnya di dunia permusikan rock. Bahkan James Hetfield dan Lars Ulrich (Metallica) mengakuinya, mereka mengaku bahwa Metallica mungkin takan pernah ada seandainya mereka tidak menonton aksi Ramones pada pertengahan 1980n. Pada saat itu vocalis Metallica tersebut mengaku terkesima melihat Ramones yang tak henti henti bernyanyi dengan jeda antara lagunya nyaris tidak ada, hanya diselingi komando sang basis Dee Dee Ramones yang meneriakan "one,two,three,four!".
         Setelah 28 tahun perjalanan karir Ramones dengan tolal 21 album, dan telah berhasil meraih kesuksesanya, Perjalanan karir Ramones terhenti pada tahun 1996. Seperti kebanyakan band yang telah memiliki nama besar alami, Ramones dihinggapi penyakit kebosanan yang akhirnya mengakibatkan cekcok antar personil dan bubar.
         Majalah musik "Spin" belum lama ini merilis 50 group musik terbesar dan Ramones berada di tangga kedua setelah The Beatles berada satu tingkat diatasnya dan Led Zeppelin yang berada di urutan ke tiga. Pilihan majalah tersebut memang masih kontroversial, namun menurut para redakturnya, urutan tersebut dibuat dengan dasar "kelompok musik tersebut memiliki lagu yang pernah berada dipuncak tangga lagu, Aura yang merubah sejarah, gaya yang menjadi inspirasi banyak orang, serta musik yang mempengaruhi musik saat ini".
         Pada 15 April 2001 jam 14.20 waktu Amerika Serikat, Joey Ramone meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker limpa yang dideritanya. Malam harinya, dipertengahan konser U2, sang vokalis U2, Bono sejenak berbicara pada penonton, dia mengatakan "betapa Joey dan The Ramones telah mengubah U2 dan hidupnya sendiri melalui lagu lagu Ramones yang kerap membuat jantungnya berdegup" lalu "Saya katakan, saya ingin berbicara tentang Joey Ramone..." seluruh penontonpun bergemuruh, Bono menceritakan bagaimana Ramones membuat Bono cs membentuk sebuah band, lalu Bono menyanyikan karya emas Joey yang berjudul "I Remember You" dari album Ramones yang bertitle "Leave Home" (1977). Penontonpun menyanyikan lagu itu bersama sama, di akhir kata Bono berkata "Joey meninggal hari ini". bahkan di CBGB, penggemar Ramones berkumpul dan menyalakan lilin untuk Joey serta menaruh bunga didepan klub tersebut. 
          Setahun setelah kematian Joey, Dee Dee Ramone ditemukan meninggal di rumahnya, hasil otopsi menyebutkan, Dee Dee meninggal karena overdosis obat obatan terlarang. Ramones memang meninggalkan cukup banyak kesan dihati banyak orang melalui musik dua menitnya. Wajar jika saja Metallica, U2, dan banyak musisi lain yang merelakan waktunya untuk menggarap sebuah album yang didedikasikan untuk mengenang Ramones, dalam majalah Rolling Stone edisi April 2004 juga memasukan Ramones sebagai salah satu dari 50 band abadi sepanjang masa.
         Demikian artikel tentang perjalanan karir Ramones yang Dtrspot26 dapat rangkum, semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat memberi nilai positif dari perjalanan karir Ramones untuk sobat, sekian untuk pembahasan kali ini, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya. Terima kasih telah berkunjung.
          Baca juga : 7 Film musik terbaik

No comments:

Post a Comment