Menu

Biografi Queen band

            Biografi Queen Band - Pada kesempatan kali ini Dtrspot26 akan membahas tentang band rock yang sebagian besar dari kita pasti sudah mengenalnya. Yapp Queen adalah bahasa inggris yang artinya adalah ratu. seperti nama bandnya, band ini memang sempat menjadi “ratu” didunia permusikan international. Untuk lebih lengkapnya, kita simak bersama, rangkuman dibawah....
          Seperti yang kita tau, Queen adalah band rock papan atas asal Britania Raya yang berdiri sejak tahun 1970 di London, Inggris. Pada awal pembentukanya, anggota yang masuk dalam lineup nya adalah Freddie Mercury (vocal, piano), dan Brian May (gitar, vocal), Roger Taylor (drum), John Deacon (bass).
          Sebenarnya Queen sendiri dibentuk pada tahun 1968, awalnya nama band ini
adalah Smile yang didirikan oleh Tim Staffel (bass, vocal), Brian May (gitar). Mereka berdua adalah dua mahasiswa yang memiliki keinginan yang sama, yakni membuat sebuah band. Kemudian mereka mulai mengumpulkan personil, salah satunya adalah Roger Taylor yang ikut andil diband Smile tersebut sebagai drumer.
Dua tahun berjalan bersama Smile, tanpa alasan yang jelas sang basis sekaligus vocalis, Tim Staffel mengundurkan diri dari Smile. Yang akhirnya mewajibkan Brian May mencari anggota baru untuk posisi bass dan vocal, kemudian masuklah Freddie Mercury sebagai vocalis band Smile. Setelah bergabung Freddie mengganti nama band Smile menjadi Queen pada tahun 1970. Tak lama setelah masuknya Freddie dalam band, Brian mengaudisi pemain bass, dan mendapatkan John Deacon pada tahun 1971.
Setelah bersama selama dua tahun dan berjalan bersama dibawah nama Queen, mereka berhasil merilis debut album mereka yang bernama “Queen”. Album tersebut banyak mendapat pengaruh dari Led Zeppelin dan The Who, yang tak lain adalah kiblat musik mereka.
Tahun 1974, Queen kembali merilis album berikutnya yang bertittle “Queen II”, dengan single hitsnya “Seven Seas of Rhye”. Pada album kedua ini, terdengar lebih terdapat unsur heavy metal dan hard rock namun ada juga lagu lagu dalam album tersebut yang memiliki unsur rock opera. Sebernarnya pada album ini Roger Taylor sang drumer memiliki ketidak cocokan dengan nama album yang bisa dibilang  kurang kreatif.
Satu tahun kemudian tepatnya pada 8 September tahun 1974, Queen berhasil merilis album 3 mereka yang berjudul “Sheer Heart Attack”. Album ketiga ini berhasil mengantar Queen meraih kesuksesan awal mereka. Melalui single yang berjudul “Killer Queen”, band ini mendapat kepopuleritasnya ditingkat internasional.
Pada tahun 1975 Queen meminta bantuan pada John Reid (manager Elton John) untuk mengurus kondisi keuangan mereka yang kacau akibat perselisihan band dengan Trident Studio. Ditahun yang sama Queen berhasil merilis album keempat mereka yang berjudul “A Night at the Opera”. Kala itu “A Night at the Opera” adalah album termahal yang pernah dibuat, dengan single hitsnya yaitu “Bohemian Rhapsody”. Single tersebut berhasil menduduki nomor satu tangga lagu dibeberapa negara, bahkan oleh beberapa kalangan pecinta musik lagu ini disebut sebut sebagai lagu rock terbaik sepanjang masa.
Tidak hanya sampai disana, kesuksesan sang ratu berlanjut dua tahun kemudian dengan merilis album berikutnya yang berjudul “News of the World. Album ini juga banyak mendapat respon positif, album ini juga memiliki single hits terkenal yaitu “We Will Rock You” dan “We Are the Champion”. Kalian pasti pernah dengar kedua lagu tersebut kan? Karna hingga saat ini lagu tersebut masih sering diputar bahkan dijadikan soundtrack film. Banyak yang menganggap bahwa kedua lagu tersebut sebagai lagu wajib musik rock.
Setelah banyak melakukan tour dunia dan merilis album album kompilasi, pada tahun 1991, Queen sempat vakum karena kematian sang vocalis. Freddie Mercury meninggal dunia akibat mengidap AIDS. Namun Queen juga sempat meliris album baru yang berjudul “Made In Heaven” yang dirilis tahun 1995. Vocal pada album tersebut diambil dari suara Freddie yang direkam sebelum kematianya.
“No-One But You (Only the Good Die Young)” single yang juga sempat mereka rilis setelah kematian sang vocalis. Queen juga sempat membuat proyek bernama Queen +, proyek ini adalah proyek dimana Queen berkolaborasi bersama artis artis lain diatas panggung, antara lain seperti Elton John, George Michael, Luciano Pavarotti, Guns N’ Roses dan banyak lagi. Proyek ini diawali dengan konser Queen yang berjudul Freddie Mercury Tribute Concert yang diadakan pada tahun 1992.
Hanya saja pada Concert Tribute tersebut Brian May dan kawan kawan hanya membawakan lagu lgau lama yang menjadi hits, antara lain seperti lagu “Somebody To Love”, “Bohemian Rhapsody”, “We Will Rock You”, “Too Much Love Will Kill You” dan sebagainya. Setelah single “No-One But You (Only the Good Die Young)” berhasil dirilis, Basis John Deacon memilih hengkang dari band yang telah membawanya meraih kesuksesan, tepatnya pada tahun 1998. Pada tahun 2004 Queen mendapat personil baru yang masuk sebagai vocalis, yaitu Paul Rodgers. Ditahun itu pula Queen juga sempat mengadakan tour di Hyde Park, Sheffield, Inggris.
Demikian rangkuman tentang Queen yang Dtrspot26 bisa rangkung, semoga bermanfaat dan menginspirasi sobat sekalian. Jika ada salah kata mohon kemaklumanya, Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment