Menu

Biografi Guns N' Roses

           
      Biografi Guns N' Roses - Pada pembahasan kali ini Dtrspot26 akan membahas tentang sejarah terbentuknya Guns N’ Roses dan sejarah perjalannya. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama band yang satu ini yaa.... langsung saja kita masuk ke inti pembahasan ya guys...
Add captionOriginal line up - Izzy, Steven, Slash, Axl, Duff
Guns N’ Roses adalah band Hardrock papan atas asal Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 1984 dan diresmikan pada tahun 1985. Band yang memiliki julukan “The Most Dangerous Band in the World” ini awalnya didirikan oleh Axl Rose (Vocal), Izzy Stradlin (Rythm) yang berasal dari band Hollywood Rose dan Tracii
Guns (Lead gitar), Ole Beich (Bassis), dan Rob Gardner (Drumer) yang berasal dari band L.A Guns. Kedua band tersebut melebur menjadi satu, jadilah menjadi Guns N’ Roses. Namun Tracii Guns memutuskan untuk hengkang sekitar tahun 1984, kemudian Axl meminta Slash untuk bergabung dan menggantikan posisi Tracii Guns sebagai Lead Gitaris di Guns N’ Roses. Awal perkenalan mereka (Axl&Slash) adalah pada saat Axl Rose masih menjadi anggota Hollywood Rose, bandnya menjadi opening bersama Black Sheep (Band Slash) disebuah konser.
Beberapa saat kemudian setelah keluarnya Tracii Guns, Rob Gardner (drumer) dan Ole Beich (bassis) memutuskan untuk hengkang. Slash merekomendasikan Steven Adler (rekan Slash saat di Black Sheep) untuk menjadi drumer menggantikan posisi yang ditinggalkan Rob Gardner. Slash juga memasang iklan disebuah poster untuk posisi Bassis di Guns N’ Roses. Kemudian Duff McKagan membaca iklan tersebut dan tertarik kemudian Duff pun memutuskan untuk bergabung di GNR sebagai Bassis menggantikan posisi tinggalan Ole Beich. GNR diresmikan pada 1985 dengan personil Axl Rose (vocal), Slash (Lead gitar), Izzy (Rythm gitar), Duff (Bassis), Adler (drumer), line up yang sangat berpengaruh besar pada kesuksesan Guns N' Roses.
          Guns N’ Roses adalah band rock terbesar diera 85-92. Awal kesuksesan Guns N' Roses berawal dari debut album fenomenal “Appetite for Destruction” yang dirilis pada tahun 1987 dengan hitsnya “Sweet Child O’mine”, “Paradise City”, dan “Welcome to The Jungle”. Album ini merajai chart Billboadd di amerika selama berbulan bulan, dan album ini memecahkan rekor debut album terlaris. Hingga saat ini belum ada yang memecahkan rekor ini, “Appetite for Destruction” terjual hampir 25 juta kopi, album ini sangat berpengaruh dan menginspirasi didunia permusikan Amerika.
Tak lama setelah rilisan album "Appetite For Destruction", Guns N’ Roses kembali merilis album berjudul “G N’ R Lies” dengan hitsnya “Patience”, album “G N’ R Lies” ini adalah album akustic pertama GNR. pada tahun 1990 drumer Steven Adler dipecat karna ketergantunganya terhadap narkoba dan digantikan Matt Sorrum. masih di tahun yang sama, masuk anggota baru untuk memberi variasi musik GNR yaitu Dizzy Reed (keyboardist).
          Pada tahun 1991, album “Use Your Illusion 1” dan “Use Your Illusion 2” dirilis, dan pertama kali dalam sejarah permusikan dunia, kedua album itu berada diperingkat 1 dan 2 album terlaris versi Billboardd diAmerika. Bahkan toko toko buka 24 jam hanya untuk menjual album Appetite For Destruction dan double album Use Your Illusion. Namun kesuksesan Guns N' Roses tidak membuat para personil bertambah solid, dipertengahan tour dunia double album Use Your Illusion, Izzy Stradlin secara mengejeutkan keluar dari Guns N’ Roses dan akhirnya digantikan Gilby Clarke.
Pada tahun 1993 Guns N’ Roses kembali merilis album, yaitu album “The Spaghetti Incident?” namun penjualan album ini jauh dari album pendahulunya. Dan itu juga menandakan berakhirnya era kesuksesan Guns N' Roses. Tahun 1994 mereka mulai ketergantungan narkoba dan beberapa kali mereka ribut satu sama lain antara personil, dan ditahun yang sama Gilby Clarke dipecat dengan alasan permainanya kurang baik pada saat rekaman yang akhirnya digantikan Paul Tobias (teman lama Axl). Para personil sempat berkumpul distudio dan merilis single “Sympathy for the Devil” yang merupakan soundtrack film “Interview with the Vampir” dan berencana untuk merekam album baru yang rencananya akan dirilis pada tahun 1995. Single “Sympathy for the Devil” adalah lagu terakhir classic GNR, Penyakit kebosanan mulai hinggapi tubuh GNR.
Pada tahun 96’ Slash memutuskan keluar dari GNR karna perbedaan pandangan dengan Axl Rose untuk masa depan GNR dan diikuti Drumer Matt Sorum di tahun 97’ dan Duff McKagan ditahun 98’. Dan meninggalkan Axl Rose sebagai Original Guns (anggota asli) sendirian. Pada tahun 1997 Josh Freese masuk sebagai drumer mengisi posisi tinggalan Matt Sorrum dan pada tahun 1998 Tommy Stinson masuk sebagai Bassis, serta Christ Pitman masuk sebagai keyboardist dan progaming untuk berkolaborasi dengan Dizzy Reed. Kemudian Robin Finck masuk untuk mengisi posisi tinggalan Slash.
Kala itu GNR vakum beberapa tahun, hal ini yang membuat drumer Josh Freese memutuskan untuk keluar yang akhirnya digantikan Brian Mantia pada tahun 2000 dan ditahun yang sama masuklah Buckethead sebagai Lead Gitar untuk berkolaborasi dengan Robin Finck. Dan pada tahun 2001 GNR kembali melakukan tour dunia dan mereka mengawali tournya di Rio, Brazil. Kemudian pada tahun 2002 secara mengejutkan rythm gitaris Paul tobias mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas yang akhirnya digantikan Richard Fortus.
Pada tahun 2004 lead gitaris Buckethead keluar karna merasa tugasnya disana telah rampung dan digantikan Bumblefoot. Tahun 2006 drumer Brian Mantia mengundurkan diri dan digantikan Frank Ferrer. Barulah pada tahun 2008 album baru GNR yang rencananya dirilis tahun 1995 dirilis dengan judul “Chinese Democracy”. Album ini terbilang kurang sukses dan kehilangan ciri khas musik GNR.
Pada tahun 2009 Lead gitaris Robin Finck keluar dari Guns N’ Roses untuk kembali ke band lamanya yaitu Nine Inch Nail, dan posisi itu digantikan oleh Daren Jane Ashba atau lebih dikenal sebagai DJ Ashba. Sehingga line up GNR kala itu, Axl Rose (vocalist), DJ Asbha (lead gitaris), Bumblefoot (lead gitaris), Richard Fortus (Rythm gitaris), Tommy Stinson (Bassis), Frank Ferrer (Drumer), Dizzy Reed (Keyboardist), Chirst Pitman (Keyboardist). Secara mengejutkan pada tahun 2014 lead gitaris Bumblefoot keluar dengan alasan ingin fokus pada solo karirnya. Disusul DJ Ashba pada 2015.
Guns N' Roses Live concer at dogde stadium 2016
 
          Kabar menggemberikan untuk para fans Guns N’ Roses muncul ditahun 2016, Yaitu Slash bersama Duff McKagan kembali bergabung dengan Guns N’ Roses. Dan Basis Tommy Stinson mengundurkan diri untuk memberi posisi basis pada original guns Duff McKagan dan ditahun yang sama keyboardist Christ Pitman dipecat dan digantikan Melissa Reese. Sehingga saat ini lineup GNR adalah Axl (vocalis), Slash (lead gitar), Duff McKagan (Bassis), Richard Fortus (Rythm), Frank Ferrer (drum), Dizzy Reed (Keyboardist), Melissa Reese (keyboardist). Dan ditahun yang sama mereka sedang melakukan tour dunia bertajub “Not In This Lifetime tour”, apakah ini pertanda akan kembalinya kesuksesan Guns N' Roses? kita tunggu saja...
Demikian kurang lebih kisah perjalanan Guns N’ Roses yang Dtrspot26 bisa ramkum. Semoga bermanfaat, dan menginspirasi sobat sekalian. Jika ada kesalahan kata, mohon maaf. sekian untuk pembahasan kali ini ya guys, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.... Terima kasih.
Baca juga : Biografi Dave Grohl, Foo Fighters

No comments:

Post a Comment